Definisi Aerasi 

Aerasi juga disebut aerifikasi atau aeriasi, didefinisikan secara umum adalah proses dimana udara disirkulasikan, dicampur dengan atau dilarutkan ke dalam cairan (liquid). Digunakan untuk meningkatkan kandungan Oksigen di dalam cairan yang digunakan untuk berbagai tujuan pengolahan air limbah.

Aerasi juga disebut aerifikasi atau aeriasi, didefinisikan secara umum adalah proses dimana udara disirkulasikan, dicampur dengan atau dilarutkan ke dalam cairan (liquid). Digunakan untuk meningkatkan kandungan Oksigen di dalam cairan yang digunakan untuk berbagai tujuan pengolahan air limbah, pengolahan air bersih, kolam budidaya perikanan dan tambak, dan lainnya. Aerasi juga adalah proses memasukkan udara / oksigen ke dalam air limbah untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut yang digunakan untuk respirasi bakteri.

Tujuan aerasi pada pengolahan air limbah 

Adalah untuk meningkatkan kandungan oksigen terlarut dalam air limbah. Proses aerasi dilakukan dengan menyediakan udara yang mengandung oksigen ke dalam air limbah, sehingga mikroorganisme aerob (yang membutuhkan oksigen) dapat berkembang biak dan memecah zat-zat organik dalam air limbah secara efektif.

Dengan meningkatkan kandungan oksigen dalam air limbah, proses penguraian zat-zat organik dapat berjalan lebih efisien dan efektif. Selain itu, proses aerasi juga dapat mengurangi bau tidak sedap pada air limbah karena mikroorganisme aerob dapat mengurai bahan-bahan organik dengan baik dan menghasilkan gas-gas yang lebih sedikit dan kurang berbau tidak sedap.


Manfaat aerasi pada pengolahan air limbah 

Beberapa manfaat dari proses aerasi pada pengolahan air limbah antara lain adalah:

  1. Mengurangi kandungan zat-zat organik dan BOD (Biochemical Oxygen Demand) dalam air limbah
  2. Meningkatkan kualitas air limbah dengan mengurangi kandungan nitrogen dan fosfor
  3. Mempercepat proses pengolahan air limbah
  4. Meningkatkan efisiensi penggunaan media pengolahan biofilm seperti media sarang tawon
  5. Mengurangi bau tidak sedap pada air limbah
Atlas Copco Blower Best Practices
Source : Atlas Copco Blower Best Practices

Oleh karena itu, proses aerasi menjadi salah satu tahapan penting dalam pengolahan air limbah, terutama dalam proses pengolahan air limbah secara biologi. Proses aerasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya seperti melalui diffuser, tergantung pada kondisi sistem pengolahan air limbah yang digunakan.

Teknologi perangkat dan atau metode yang digunakan untuk melakukan aerasi disebut Aerator.

Metode Aerasi secara garis besar dapat dibagi menjadi :  Gravity Aerator, Spray Aerator, Diffused Air Aeration System, Mechanical Aerator.

Metode aerasi pada pengolahan air limbah 

Metode Aerasi secara garis besar dapat dibagi menjadi :

  1. Gravity Aerator. 
  2. Spray Aerator. 
  3. Diffused Air Aeration System. 
  4. Mechanical Aerator.

  • Gravity Aerator

    Cairan (water) yang diaerasi dijatuhkan/dialirkan dari tempat yang lebih tinggi menuju ketempat yang lebih rendah, agar terpapar udara/atmosfer yang ada di sekitar lingkungan tersebut. Salah satu contoh metode Aerasi Gravity adalah Aerasi Cascade.

    Metode Aerasi secara garis besar dapat dibagi menjadi :  Gravity Aerator, Spray Aerator, Diffused Air Aeration System, Mechanical Aerator.

  • Spray Aerator

    Cairan (water) yang diaerasi dipompa kesebuah jaringan pipa yang telah terpasang nozzle. Air dipaksa melalui nozzle agar terjadi pengabutan agar memiliki tingkat efisiensi paparan udara yang lebih baik.

    Metode Aerasi secara garis besar dapat dibagi menjadi :  Gravity Aerator, Spray Aerator, Diffused Air Aeration System, Mechanical Aerator.
  • Diffused Air Aeration System
  • Metode diffuser sangat berbeda dengan ke-dua metode aerasi sebagaimana tersebut diatas. Metode ini adalah dimana udara dipaksa untuk masuk ke dalam air pada kedalaman tertentu agar terjadi kontak antara udara dengan air secara lebih baik.

        Type Diffuser berdasarkan karakteristik gelembung udara terbagi menjadi: 

Type Diffused Air Aeration System
Coarse Bubble Diffuser Fine Bubble Diffuser Turbo Jet Aerator
Tujuan Aerasi Pada Pengolahan Air Limbah

Tujuan Aerasi Pada Pengolahan Air Limbah

Tujuan Aerasi Pada Pengolahan Air Limbah


  • Mechanical Aerator

Cairan (water) yang diaerasi mendapat perlakuan mekanis dari perangkat yang memiliki baling-baling propeller atau paddle wheel baling-baling kincir agar air terpapar oleh atmosfer yang ada disekitar area aerator. 

Beberapa type mechanical aerator
Paddle Wheel Aerator Surface Aerator
Tujuan Aerasi Pada Pengolahan Air Limbah

Tujuan Aerasi Pada Pengolahan Air Limbah


Related Article :

Bersambung

Mari bersama-sama kita tingkatkan kepedulian kita terhadap air limbah agar tidak menjadi ancaman serius bagi kesehatan lingkungan dan manusia. Dengan cara mengelola air limbah dengan baik, kita dapat memperbaiki kualitas air dan menjaga kelestarian lingkungan. Dengan solusi pengolahan air limbah yang inovatif dan ramah lingkungan yang menggunakan teknologi yang berdasarkan kaidah engineering untuk memastikan air limbah terbebas dari zat berbahaya dan juga sekaligus dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan. 

Percayakan pengadaan peralatan / equipment IPAL STP WWTP Anda kepada kami dan bersama kita jaga kelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Ikuti social media kami untuk selalu mendapatkan update dan peluang yang menguntungkan

Facebook www.mediasarangtawon.com Twitter www.mediasarangtawon.com Instagram www.mediasarangtawon.com Youtube www.mediasarangtawon.com Tiktok www.mediasarangtawon.com LinkedIn www.mediasarangtawon.com

Disclaimer:
  1. Artikel ini merupakan artikel bebas yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara akademis/praktis dan bersifat umum. Silahkan hubungi Konsultan Engineering Profesional untuk mendapatkan pendampingan teknis ataupun pelatihan teknis tentang Air Limbah.
  2. Komersialisasi MST hanya tertuang secara tertulis dalam dokumen jual-beli B2B yang dikirimkan melalui email dan pertanggung jawaban dari pihak MST tertuang secara tertulis dalam dokumen perjanjian/kontrak yang disepakati bersama oleh masing-masing pihak yang berkepentingan secara langsung dan  bersifat pribadi dan rahasia sebagai bagian dari standar etik suatu perusahaan.
  3. Untuk mempermudah anda, permintaan informasi dapat dikirimkan melalui halaman kontak Hubungi Kami