Fungsi Filter Press

Industrial Filter Press adalah mesin/alat yang digunakan pada proses untuk memisahkan antara lumpur dengan air juga atau antara cairan dengan padatan. Misalnya seperti lumpur (sludge/slurry) dari proses air limbah untuk meminimalisir kandungan air untuk meringankan bobot/volume lumpur yang akan dibuang ke tempat pengumpulan limbah padat B3 ataupun dibuang ke pihak ke-3 pengolahan limbah B3.


Menjual Industrial Filter Press, Filter Press adalah mesin/alat yang digunakan pada proses untuk memisahkan antara lumpur dengan air juga atau antara cairan dengan padatan. Misalnya seperti lumpur (sludge) dari proses air limbah untuk meminimalisir kandungan air untuk meringankan bobot/volume lumpur


Mesin Filter Press dipasang beberapa elemen filter yang memungkinkan filter dapat dibuka dengan mudah untuk menghilangkan padatan yang tersaring, dan memudahkan dikala pembersihan atau penggantian media filter saat dibutuhkan. 


Mesin Filter Press tidak dapat dioperasikan dalam proses berkelanjutan (continuous process) tetapi memiliki kinerja yang sangat tinggi, terutama bila menginginkan kadar air yang rendah dalam padatan.


Fungsi Utama Mesin Filter Press 

Yaitu untuk proses dewatering sludge, dengan cara kerja memisahkan dua fase yang berbeda yaitu air dan lumpur dengan cara filtrasi menggunakan tekanan. Air atau liquid yang hendak dipisahkan dari fase slurry dipaksa masuk kedalam ruang/chamber untuk melewati pori-pori membrane/kain/filter cloth dengan tekanan tertentu untuk mendapatkan tingkat kekeringan cake yang tinggi.

Filter Press Cake

Kotoran padat atau sludge akan tertinggal pada cloth, sedangkan cairan yang bersih akan keluar melalui pipa kapiler yang terhubung dengan filter plate.

Struktur Perangkat Mesin Filter Press, PT. Hineko Citra Madani Menjual Mesin Filter Press dengan Filter Plate merk Klinkau, Pompa Diaphragm Versamatic
Dalam proses penanganan lumpur (Sludge Dewatering Plant), Filter Press bukanlah alat yang dapat bekerja/beroperasi secara individual yang kemudian mampu menghasilkan cake yang kering dan atau filtrate yang jernih. Tetapi Filter Press membutuhkan proses dan alat penunjang agar dapat beroperasi dan memberikan output yang sesuai dengan kebutuhan.


Tujuan Pemasangan Filter Press Pada Instalasi Pengolahan Air Limbah

Tujuan pemasangan Filter Press adalah untuk minimasi volume dan atau bobot LB3 ( Limbah Cair Bahan Berbahaya dan Beracun ) sehingga pengguna/pemilik usaha mendapatkan nilai efisiensi biaya pembuangan limbah B3 secara lebih efektif. Contoh limbah B3 yang dapat dihandle oleh Filter Press pada konteksi ini adalah;
  1. Limbah lumpur dari instalasi pengolahan air limbah / WAS ( Waste Active Sludge ) yang terbentuk dari suspended solid / SS
  2. Limbah cair dari pabrik pembuatan keramik untuk meminimasi bobot clay yang terbuang.
  3. Limbah lumpur pabrik tekstil yang mengandung serat benang
  4. dan lain-lain.


Rangkaian proses Filter Press melibatkan beberapa tahapan, di antaranya:

  1. Persiapan campuran air limbah dan bahan kimia pengental.
  2. Pemompaan campuran tersebut ke dalam filter press.
  3. Penggunaan pompa tekan bertujuan untuk memisahkan padatan dari cairan.
  4. Pengangkatan padatan yang terkumpul pada filter press dan membuangnya ke tempat pembuangan yang sesuai.


Berikut adalah daftar peralatan yang umum digunakan dalam sistem Filter Press:

  1. Tanki penampung lumpur/slurry air limbah dan tangki reaksi bahan pengental yang dilengkapi agitator.
  2. Sistem injeksi bahan kimia (Chemical Tank, Agitator, dan Dosing Pump Prominent/Jesco/Seko)
  3. Slurry Pump Showfou atau Ebara untuk memompa slurry air limbah ke tangki reaksi bahan pengental.
  4. Feed Pump Versamatic untuk memompa air limbah campuran yang telah mengental ke dalam chamber filter plate Klinkau.
  5. Kompressor untuk mengoperasikan feed pump.
  6. Rangka Filter Press yang terdiri dari pelat yang terbuat dari bahan tertentu, yang diatur secara bertumpuk di antara pelat-pelat tersebut.
  7. Sistem tekanan yang terdiri dari piston hidrolik (Hydraulic Power Pack) atau membran pneumatik untuk memberikan tekanan pada pelat filter.
  8. Pengangkat otomatis untuk mengangkat dan membuka rangka Filter Press untuk mengeluarkan cakes.
  9. Sistem pengumpulan padatan yang terdiri dari conveyor atau tong untuk membuang padatan yang terkumpul dari pelat filter.
  10. Sistem pengendali dan pengukur tekanan, suhu, dan kelembaban.
  11. Sistem pembersih pelat filter untuk membersihkan sisa-sisa padatan pada permukaan pelat filter sebelum digunakan kembali.
  12. Sistem pengolahan dan pengurangan limbah, seperti sistem pengolahan air limbah yang akan mengolah limbah yang dihasilkan oleh Filter Press.



@mediasarangtawon.com Filter Press System for #sludgedewatering #sludgedewateringmachine #filterpress ♬ original sound - MediaSarangTawon dotcom

Mari bersama-sama kita tingkatkan kepedulian kita terhadap air limbah agar tidak menjadi ancaman serius bagi kesehatan lingkungan dan manusia. Dengan cara mengelola air limbah dengan baik, kita dapat memperbaiki kualitas air dan menjaga kelestarian lingkungan. Dengan solusi pengolahan air limbah yang inovatif dan ramah lingkungan yang menggunakan teknologi yang berdasarkan kaidah engineering untuk memastikan air limbah terbebas dari zat berbahaya dan juga sekaligus dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan. Percayakan pengadaan peralatan / equipment IPAL STP WWTP Anda kepada kami dan bersama kita jaga kelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. Hubungi kami sekarang dengan menyentuh dan ketuk logo whatsapp di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.


Whatsapp www.mediasarangtawon.com
Click To Chat Whatsapp

Ikuti social media kami untuk selalu mendapatkan update dan peluang yang menguntungkan

Facebook www.mediasarangtawon.com Twitter www.mediasarangtawon.com Instagram www.mediasarangtawon.com Youtube www.mediasarangtawon.com Tiktok www.mediasarangtawon.com LinkedIn www.mediasarangtawon.com

Disclaimer:
  1. Artikel ini merupakan artikel bebas yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara akademis/praktis dan bersifat umum. Silahkan hubungi Konsultan Engineering Profesional untuk mendapatkan pendampingan teknis ataupun pelatihan teknis tentang Air Limbah.
  2. Komersialisasi MST hanya tertuang secara tertulis dalam dokumen jual-beli B2B yang dikirimkan melalui email dan pertanggung jawaban dari pihak MST tertuang secara tertulis dalam dokumen perjanjian/kontrak yang disepakati bersama oleh masing-masing pihak yang berkepentingan secara langsung dan  bersifat pribadi dan rahasia sebagai bagian dari standar etik suatu perusahaan.
  3. Untuk mempermudah anda, permintaan informasi dapat dikirimkan melalui halaman kontak Hubungi Kami