Fungsi Filter Press

Industrial Filter Press adalah mesin/alat yang digunakan pada proses untuk memisahkan antara lumpur dengan air juga atau antara cairan dengan padatan. Misalnya seperti lumpur (sludge/slurry) dari proses air limbah untuk meminimalisir kandungan air untuk meringankan bobot/volume lumpur yang akan dibuang ke tempat pengumpulan limbah padat B3 ataupun dibuang ke pihak ke-3 pengolahan limbah B3.


Menjual Industrial Filter Press, Filter Press adalah mesin/alat yang digunakan pada proses untuk memisahkan antara lumpur dengan air juga atau antara cairan dengan padatan. Misalnya seperti lumpur (sludge) dari proses air limbah untuk meminimalisir kandungan air untuk meringankan bobot/volume lumpur


Mesin Filter Press dipasang beberapa elemen filter yang memungkinkan filter dapat dibuka dengan mudah untuk menghilangkan padatan yang tersaring, dan memudahkan dikala pembersihan atau penggantian media filter saat dibutuhkan. 


Mesin Filter Press tidak dapat dioperasikan dalam proses berkelanjutan (continuous process) tetapi memiliki kinerja yang sangat tinggi, terutama bila menginginkan kadar air yang rendah dalam padatan.


Fungsi Utama Mesin Filter Press 

Yaitu untuk proses dewatering sludge, dengan cara kerja memisahkan dua fase yang berbeda yaitu air dan lumpur dengan cara filtrasi menggunakan tekanan. Air atau liquid yang hendak dipisahkan dari fase slurry dipaksa masuk kedalam ruang/chamber untuk melewati pori-pori membrane/kain/filter cloth dengan tekanan tertentu untuk mendapatkan tingkat kekeringan cake yang tinggi.

Filter Press Cake

Kotoran padat atau sludge akan tertinggal pada cloth, sedangkan cairan yang bersih akan keluar melalui pipa kapiler yang terhubung dengan filter plate.

Struktur Perangkat Mesin Filter Press, PT. Hineko Citra Madani Menjual Mesin Filter Press dengan Filter Plate merk Klinkau, Pompa Diaphragm Versamatic
Dalam proses penanganan lumpur (Sludge Dewatering Plant), Filter Press bukanlah alat yang dapat bekerja/beroperasi secara individual yang kemudian mampu menghasilkan cake yang kering dan atau filtrate yang jernih. Tetapi Filter Press membutuhkan proses dan alat penunjang agar dapat beroperasi dan memberikan output yang sesuai dengan kebutuhan.


Tujuan Pemasangan Filter Press Pada Instalasi Pengolahan Air Limbah

Tujuan pemasangan Filter Press adalah untuk minimasi volume dan atau bobot LB3 ( Limbah Cair Bahan Berbahaya dan Beracun ) sehingga pengguna/pemilik usaha mendapatkan nilai efisiensi biaya pembuangan limbah B3 secara lebih efektif. Contoh limbah B3 yang dapat dihandle oleh Filter Press pada konteksi ini adalah;
  1. Limbah lumpur dari instalasi pengolahan air limbah / WAS ( Waste Active Sludge ) yang terbentuk dari suspended solid / SS
  2. Limbah cair dari pabrik pembuatan keramik untuk meminimasi bobot clay yang terbuang.
  3. Limbah lumpur pabrik tekstil yang mengandung serat benang
  4. dan lain-lain.


Kami, Media Sarang Tawon (dot) Com sebagai salah satu perusahaan penjualan Peralatan Instalasi Pengolahan Air Limbah di Indonesia yang dapat anda percayai untuk mengisi kebutuhan penanganan lumpur sistem filter press untuk perusahaan anda. 


Pada unit sistem filter press, sistem penanganan lumpur yang kami tawarkan dapat menggunakan beberapa merk ternama atau alternatifnya seperti :