Apa Demineralisasi Plant atau Demin Plant

Yaitu merupakan proses kimiawi yang menggunakan prinsip pertukaran ion pada proses pemurnian air. Pertukaran ion didefinisikan adalah proses unit di mana ion-ion dari spesies tertentu dipindahkan dari bahan yang tidak larut (disebut resin) oleh ion-ion dari spesies yang berbeda dalam larutan. 

Ion yang ditukar memiliki muatan yang sama, artinya, ion positif ditukar dengan ion positif, misalnya: Na+ ditukar dengan Mg+2 and Ca+2. OH- ditukar dengan NO3- .

Resin penukar ion adalah bahan yang terbentuk secara alami seperti zeolit atau bahan organik sintetis. Resin bersifat kationik atau anionik. Resin biasanya berupa butiran atau partikel granular yang memiliki ukuran sekitar 0,1 hingga 1,0 mm.


Demineralization Plant Pabrik Kelapa Sawit

Resin kationik adalah bahan yang memiliki gugus reaktif yang dapat melepaskan ion positif untuk ditukar dengan ion positif lainnya dari fase cair.

Resin anionik adalah bahan yang memiliki gugus reaktif yang dapat melepaskan ion negatif untuk ditukar dengan ion negatif lainnya dari fase cair.

Pertukaran ion diatur oleh preferensi relatif dan kekuatan ion untuk menggantikan ion lainnya. 

Dari deret preferensi kation atau anion, ion di bagian hulu deret dapat menggantikan atau menghilangkan semua ion di bagian hilir deret, seperti Ba+2. Sebagai contoh Ba+2 mampu menghilangkan semua ion yang lebih rendah dalam seri seperti Na+. Dan SO4-2 mampu menghilangkan semua ion yang lebih rendah dalam seri seperti OH-.


Definisi: Proses penghilangan mineral dari air, biasanya dengan menggunakan resin penukar ion.

Tujuan: Menghasilkan air demineral yang bebas ion, termasuk ion kalsium, magnesium, natrium, dan lainnya, sehingga air tersebut cocok untuk aplikasi khusus seperti pengolahan air untuk pembangkit listrik, industri farmasi, dan elektronika.


Resin Penukar Ion:

Definisi: Material yang dapat menukar ion dengan larutan di sekitarnya.

Tujuan: Digunakan dalam kolom atau tangki penukar ion untuk menangkap ion-ion positif (kation) dan negatif (anion) dari air, menghasilkan air demineral yang diinginkan.


Kation Exchange Resin:

Definisi: Resin yang memiliki kemampuan untuk menangkap dan menukar ion kation positif.

Tujuan: Menghilangkan ion-ion positif seperti kalsium, magnesium, dan natrium dari air.


Anion Exchange Resin:

Definisi: Resin yang dapat menangkap dan menukar ion anion negatif.

Tujuan: Menghilangkan ion-ion anion seperti klorida, sulfat, dan karbonat dari air.


Mixed Bed Exchanger:

Definisi: Sistem yang menggabungkan kation exchange resin dan anion exchange resin dalam satu kolom atau tangki.

Tujuan: Memastikan penghilangan ion yang lebih efisien dan menghasilkan air demineral berkualitas tinggi.


Regeneration:

Definisi: Proses memulihkan kemampuan resin penukar ion dengan meresirkulasi larutan kimia melalui sistem penukar ion.

Tujuan: Memungkinkan resin untuk terus melakukan pertukaran ion dengan efektif setelah jenuh dengan ion dari air yang diolah.


Conductivity:

Definisi: Ukuran kemampuan air untuk menghantarkan arus listrik, sering diukur dalam mikrosiemens per sentimeter (┬ÁS/cm).

Tujuan: Memantau kualitas air demineral dengan mengukur tingkat konduktivitas, karena air yang lebih murni memiliki konduktivitas yang lebih rendah.

Pabrik demineralisasi air dirancang untuk memenuhi kebutuhan air yang sangat murni dalam berbagai aplikasi industri dan laboratorium di mana kandungan ion harus dijaga pada tingkat minimum.