Media Sarang Tawon ( Honeycomb Media )


Media Sarang Tawon Biofilter ( Biofilter Media / Honeycomb Media ) atau disebut dengan Fixed Bed Bio Reactor Media adalah perangkat penting yang digunakan pada teknologi proses pengolahan air limbah secara biologis biakan terlekat. 




Penggunaan media sarang tawon pada bio reaktor sangat efektif untuk mengurangi polutan organik baik secara aerob mupun secara anaerob. Media sarang tawon diproduksi menggunakan bahan rigid PVC yang mempunyai ketahanan terhadap sinar ultra violet, jamur, bakteri, asam dan basa yang biasa terdapat pada air limbah. 

Media Sarang Tawon Biofilter berfungsi untuk meningkatkan populasi bakteri (MLSS = Mixed Liquor Suspended Solid) di tangki aerasi yang bermanfaat untuk menurunkan kandungan BOD, kandungan COD, menyetabilkan pH, dan menurunkan Ammoniak pada air buangan dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Sewage Treatment Plant (STP), Wastewater Treatment Plant (WWTP). 

Media Sarang Tawon sangat cocok untuk diaplikasikan pada berbagai sistem proses pengolahan air limbah yang salah satunya berbasis IPAL Komunal yang memiliki karakteristik air limbah yang bervariatif tergantung kebiasaan masyarakat. Beberapa teknologi proses yang digunakan diantaranya:

  1. ABF ( Aerobic Biological Filter )
  2. FBBR ( Fixed Bed Biological Reactor )
  3. TF ( Trickling Filter )
  4. Anaerobic - Aerobic Biological Filter
  5. dan teknologi biakan terlekat lainnya.

Media Sarang Tawon juga cocok untuk sistem proses pengolahan air limbah biakan terlekat yang diaplikasikan pada IPAL Rumah Sakit, Klinik, dan Puskesmas, yang mana air limbahnya dimungkinkan terkontaminasi obat-obatan, dan air limbah yang berasal dari toilet, urinoir di ruang perawatan, dari ruang pemulasaran jenazah, dari ruang laboratorium berupa air pencucian alat bedah, air bekas pencucian darah, dan yang juga berasal dapur instalasi gizi maupun dari laundry.

Namun, Limbah Padat seperti Jarum Suntik, Botol Ampul, Infus, masker, kain kasa dan sebagainya yang termasuk limbah padat tidak diperkenankan dimasukkan ke dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah. Begitu juga dengan limbah yang terpapar radioaktif yang memiliki metode pengelolaan limbah secara tersendiri. 

Media Sarang Tawon juga cocok untuk sistem proses pengolahan air limbah biakan terlekat yang diaplikasikan pada Instalasi Pengolahan Air Limbah Industri (WWTP - Wastewater Treatment Plant ) yang pada umumnya air limbah industri memiliki karakteristik organik loading ( COD / BOD ) cukup tinggi. Hal tersebut karena penggunaan media sarang tawon pada bio reaktor cukup efektif untuk    mengurangi polutan organik baik secara aerob mupun secara anaerob. 

Meski demikian, dalam pelaksanaan operasionalnya perlu memperhatikan secara cermat berbagai aspek yang dapat mempengaruhi proses kinerjanya.

Klik di sini untuk membentangkan informasi Spesikasi
Konten telah di takeout, silahkan hubungi admin
Varian Dimensi/Ukuran Modul Media Bio Filter


Keunggulan Menggunakan Media Sarang Tawon:

  1. Media sarang tawon diproduksi menggunakan bahan rigid PVC yang mempunyai ketahanan terhadap sinar ultra violet, jamur, bakteri, asam dan basa yang biasa terdapat pada air limbah.
  2. Media sarang tawon mempunyai luas permukaan spesifik yang luas sehingga berpotensi memperbanyak area tumbuh biofilm.
  3. Media sarang tawon mempunyai titik distribusi yang tinggi sehingga performa proses pengolahan air limbah menjadi lebih efektif.
  4. Setiap module dibentuk dari lembaran PVC bergelombang dengan kemiringan 60 derajat yang direkat secara bersilangan. Konfigurasi demikian mendistribusikan air dan udara secara merata sehingga meningkatkan efektifitas kontak udara dan air. 
  5. Dapat diaplikasi pada bioreaktor trickling filter, ataupun nitrification tower dan sangat baik untuk sistem anaerob dan aerob. 
  6. Sangat ideal menggantikan media batu, kayu, atau media acak, pengantian tersebut meningkatkan waktu retensi kontak antara air limbah dengan biomass.


Download Format Surat Permintaan Harga Media Sarang Tawon - IPAL - STP - WWTP
Klik di sini : Surat Permintaan Harga

Kalkulator Menghitung Volume Media Sarang Tawon - IPAL - STP - WWTP :
Klik di sini : Hitung Volume Media Sarang Tawon