Apa itu Ammonia pada Air Limbah?

Ammonia adalah senyawa kimia yang umumnya dijumpai dalam air limbah domestik, baik dari sumber-sumber rumah tangga maupun komunal. Sumber air limbah imbah ini dapat berasal dari wastafel, toilet, urionoir, shower, dapur, mesin cuci, dan sumber-sumber lainnya yang terkait dengan kegiatan sehari-hari di rumah. Secara kimiawi, ammonia dikenal dengan formula NH3 dan terdiri dari satu atom Nitrogen dan tiga atom Hidrogen. 

NH3 Ammonia
Picture Source : Ion Science of Ammonia

Ammonia pada air limbah domestik terbentuk dari sisa-sisa protein dan nutrisi yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Setelah makanan dan minuman dicerna oleh enzim, ammonia akan dihasilkan sebagai produk metabolisme. Air limbah domestik akan mengandung ammonia sebagai salah satu unsur utama karena bersumber dari proses tersebut. Konsentrasi ammonia dalam air limbah domestik normalnya beragam, tetapi dapat mencapai hingga 50 mg/L atau lebih.

Dalam jumlah tertentu ammonia pada air limbah sangat dibutuhkan sebagai sumber nutrisi bagi bakteri untuk mendukung kesehatan pertumbuhan dan pembiakan bakteri pengurai air limbah. Meski demikian, berlebihnya kandungan ammonia pada air limbah dapat mengganggu lingkungan dan keberlangsungan ekosistem.

Ammonia pada air limbah domestik memiliki dampak buruk besar terhadap lingkungan, khususnya ekosistem air. Sebagian besar ammonia akan bereaksi dengan molekul air dan menghasilkan ion amonium (NH4). Namun, persentase amonia yang tidak bereaksi dan tetap berwujud gas (NH3) yang dapat meningkat saat pH naik dan suhu tinggi.


Karakteristik Ammonia Pada Air Limbah

  1. Ammonia (NH3) adalah senyawa kimia berupa gas dan berbau tajam.
  2. Bersifat korosif dan menyebabkan karat yang dapat menurunkan kekuatan pada pipa-pipa besi pada jaringan pipa air limbah dan juga peralatan-peralatan yang berbahan besi tanpa lapisan anti korosif.
  3. Memiliki bobot molar 17.0306 g/mol. Bobot molar N = 14.01 g/mol dan bobot molar H = 1.01 g/mol. 
  4. Sangat mudah larut dalam air, dalam keadaan standar, 1 liter air mampu melarutkan 1180 liter ammonia. 
  5. Ammonia beku bersifat mudah mencair.

Dampak Negatif Ammonia Pada Air Limbah

Konsentrasi ammonia yang tinggi dalam air limbah domestik dapat menyebabkan iritan pada kulit, mata, gangguan fungsi saraf dan sistem pernafasan manusia yang dapat menyebabkan kematian. Ammonia juga bersifat korosif dan menyebabkan karat yang dapat menurunkan kekuatan pada pipa-pipa besi pada jaringan pipa air limbah dan juga peralatan-peralatan yang berbahan besi tanpa lapisan anti korosif Oleh karena itu, ammonia harus dihilangkan dari air limbah domestik sebelum dibuang ke lingkungan sesuai ketentuan ambang batas undang-undang yang berlaku.

Kadar maksimum Ammonia pada buangan air limbah domestik yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 68 Tahun 2016, adalah sebesar 10 mg/l pada debit maksimum 100 Liter/orang/hari.

Parameter Baku Mutu Air Limbah Domestik


Cara Menurunkan Kadar Ammonia Pada IPAL STP WWTP

Cara menurunkan atau cara menyingkirkan Ammonia pada air limbah dapat menggunakan beberapa cara yaitu :

  1. Dapat dilakukan dengan cara kimiawi dengan proses redox. Meski demikian, kita perlu mempertimbangkan potensi kenaikan COD dan juga derajat kadar kimia tertentu pada buangan air limbah. 
  2. atau dengan cara biokimia mengunakan proses biological oxidation yang lebih aman pada kualitas air buangan limbah. 


Untuk mendukung kemajuan usaha para pelanggan, Team Engineering dari Media Sarang Tawon dot Com dilengkapi dengan sertifikat PPPA BNSP dengan pengalaman yang solid di bidang IPAL/WWTP/STP/POME Treatment agar dapat memberikan pelayanan/jasa untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan solusi teknologi berkelanjutan pengolahan air limbah, dan efisien secara harga yang disesuaikan secara khusus terhadap kebutuhan spesifik pelanggan. 

Produk / Layanan Perusahaan Kami antara lain:

  1. Rancang Bangun IPAL dengan teknologi yang disesuaikan secara spesifik berdasarkan kebutuhan pelanggan. 
  2. Produk-produk peralatan/permesinan yang unggul untuk memastikan bahwa setiap peralatan/mesin yang kami supply dapat beroperasi secara optimal sesuai dengan fungsinya. 
  3. Penilaian/Evaluasi IPAL dan Dokumentasi Teknis untuk memastikan bahwa IPAL yang dirancang sesuai dengan kriteria dan standar mutu buangan air limbah yang berlaku, yang memberikan manfaat sebagai kelengkapan dokumen perijinan. 
  4. Upgrade/Optimalisasi/Retrofitting/Perbaikan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan IPAL maupun kualitas mutu hasil olahan. 
  5. Perawatan/Maintenance untuk mempertahankan kondisi IPAL agar produksi tetap optimal sesuai dengan mutu air limbah dan memperpanjang usia pakai peralatan IPAL. 


Website www.mediasarangtawon.com dibangun sejak 09 Oktober 2014 yang telah terhubung dengan ratusan pelanggan dan referensi proyek berskala nasional dengan berbagai jenis teknologi dan berbagai  kondisi teknis. 

Media Sarang Tawon

Pastikan hanya terhubung dengan kami dan tidak perlu segan untuk bertanya kepada kami untuk mendapatkan layanan komprehensif. Jika ada pertanyaan tambahan atau ingin memberikan tanggapan, Atau jika anda ingin menggunakan jasa kami untuk layanan diatas,  jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email [mediasarangtawon.com@gmail.com].  Kami senang mendapat tanggapan pertanyaan atau komentar yang Anda miliki.


Ikuti social media kami untuk selalu mendapatkan update dan peluang yang menguntungkan

Facebook www.mediasarangtawon.com Twitter www.mediasarangtawon.com Instagram www.mediasarangtawon.com Youtube www.mediasarangtawon.com Tiktok www.mediasarangtawon.com LinkedIn www.mediasarangtawon.com Whatsapp Channel www.mediasarangtawon.com Telegram Channel www.mediasarangtawon.com

Disclaimer:
  1. Artikel ini merupakan artikel bebas yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara akademis/praktis dan bersifat umum. Silahkan hubungi Konsultan Engineering Profesional untuk mendapatkan pendampingan teknis ataupun pelatihan teknis tentang Air Limbah.
  2. Komersialisasi MST hanya tertuang secara tertulis dalam dokumen jual-beli B2B yang dikirimkan melalui email dan pertanggung jawaban dari pihak MST tertuang secara tertulis dalam dokumen perjanjian/kontrak yang disepakati bersama oleh masing-masing pihak yang berkepentingan secara langsung dan  bersifat pribadi dan rahasia sebagai bagian dari standar etik suatu perusahaan.
  3. Untuk mempermudah anda, permintaan informasi dapat dikirimkan melalui halaman kontak Hubungi Kami