Apakah Media Biofilter Sarang Tawon itu?

Media Biofilter Sarang Tawon ( Biofilter Media / Honeycomb Media ) atau disebut dengan Fixed Bed Bio Reactor Media adalah perangkat penting yang digunakan pada salah satu teknologi pengolahan air limbah secara biologis biakan terlekat (Attached Growth Biological Process) yang terisi modul media dengan ukuran dan spesifikasi tertentu yang diproduksi menggunakan material PVC dengan luas permukaan yang bervariatif.


Proses biologis dengan biakan melekat (Attached Growth Biological Process) yakni proses pengolahan limbah dimana mikro-organisme yang digunakan dibiakkan pada suatu media sehingga mikroorganisme tersebut melekat pada permukaan media. Proses ini disebut juga dengan proses film mikrobiologis atau proses biofilm. 


Biofilm atau mikrobiologi berupa lapisan film/lendir yang menempel pada permukaan media berperan menurunkan kandungan BOD, kandungan COD, dan menurunkan Ammoniak pada air limbah sehingga pemasangan media sarang tawon pada Instalasi Pengolahan Air Limbah dapat tercapai sesuai dengan standard baku mutu yang ditetapkan.


Media Sarang Tawon juga berfungsi untuk meningkatkan populasi bakteri (MLSS = Mixed Liquor Suspended Solid) di tangki aerasi (Aerobic Biofilter) yang bermanfaat untuk menurunkan kandungan BOD, kandungan COD, menyetabilkan pH, dan menurunkan Ammoniak pada air buangan dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL ; STP - WWTP ).


Teknologi Pengolahan Air Limbah apa yang menggunakan Media Sarang Tawon? 

Media Sarang Tawon Sangat cocok untuk diaplikasikan pada IPAL Komunal yang memiliki karakteristik air limbah yang bervariatif tergantung kebiasaan masyarakat. Beberapa teknologi proses yang digunakan diantaranya:

  • ABF ( Aerobic Biological Filter )
  • FBBR ( Fixed Bed Biological Reactor )
  •  TF ( Trickling Filter )
  • Anaerobic - Aerobic Biological Filter
  • dan teknologi biakan terlekat lainnya.

 

Media Sarang Tawon juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada IPAL Rumah Sakit, Klinik, dan Puskesmas, yang mana air limbahnya dimungkinkan terkontaminasi obat-obatan, dan air limbah yang berasal dari toilet, urinoir di ruang perawatan, dari ruang pemulasaran jenazah, dari ruang laboratorium berupa air pencucian alat bedah, air bekas pencucian darah, dan yang juga berasal dapur instalasi gizi maupun dari laundry.  


Limbah Padat seperti Jarum Suntik, Botol Ampul, Infus, masker, kain kasa dan sebagainya yang termasuk limbah padat tidak diperkenankan dimasukkan ke dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah. Begitu juga dengan limbah yang terpapar radioaktif.


Media Sarang Tawon Sangat cocok untuk diaplikasikan pada IPAL Industri ( WWTP - Wastewater Treatment Plant ) yang mana limbah industri memiliki karakteristik organik loading ( COD / BOD ) cukup tinggi. 


Apa Keuntungan Menggunakan Media Sarang Tawon:

  •  Media sarang tawon mempunyai luas permukaan per volume dan titik distribusi sangat tinggi sehingga performa proses pengolahan air limbah menjadi tinggi. 
  • Setiap module dibentuk dari lembaran PVC bergelombang dengan kemiringan 60 derajat yang direkat secara bersilangan. 
  • Konfigurasi demikian mendistribusikan air dan udara secara merata sehingga meningkatkan efektifitas kontak udara dan air Aplikasi Bio reaktor, trickling filter, nitrification tower. 
  • Sangat ideal menggantikan media batu, kayu. pengantian tersebut meningkatkan waktu retensi kontak antara air limbah dengan biomass. 
  • Sangat baik untuk sistem anaerob dan aerob.


Spesifikasi Media Sarang Tawon

Dalam perencanaan dan desain instalasi pengolahan air limbah, sangat penting untuk memperhatikan aspek teknis suatu peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan pada IPAL karena hal ini akan berkaitan dengan efektifitas dan efisiensi dari IPAL tersebut. Analoginya, satu sendal tidak bisa sesuai dengan kaki yang berbeda-beda. Begitu juga Media Sarang Tawon dan IPAL. 


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media sarang tawon secara teknis adalah :

  • Material & Ketebalan Material. Hal ini berkaitan dengan durability/ketahanan material terhadap karakteristik air limbah.
  • Luas Permukaan Media. Hal ini berkaitan dengan desain loading suatu reaktor biologis yang ditentukan oleh para insinyur dalam perancangan IPAL.
  • Ukuran Modul Media & Bobot : Berkaitan dengan kekuatan struktur dan luasan reaktor yang akan diisi oleh media. Media Sarang Tawon adalah type media yang memiliki bentuk tetap berupa balok persegi panjang ataupun kubus, sehingga tidak dapat flexyble mengikuti bentuk reaktor seperti selayaknya air yang dapat mengisi volume reaktor secara utuh.
  • Media Sarang Tawon terbuat dari bahan PVC yang rigid yang memiliki ketahanan terhadap asam dan basa yang biasa terdapat pada air limbah. Lembaran-lembaran PVC disusun secara bersilangan agar distribusi air dan udara dapat merata sehingga meningkatkan waktu kontak antara air dan biomassa. 

Tabel Spesifikasi teknis dapat dilihat pada tabel berikut ini.


Biofilter Media Pengolahan Air Limbah harga murah, kompetitif, dan berkualitas baik. Daya rekat tinggi, kekuatan material yang sangat baik, dan tahan terhadap oli.Media Sarang Tawon, Ukuran Sarang Tawon, Biofilter Sarang Tawon, Cara Pasang Sarang Tawon, TINJAUAN ASPEK TEKNIS PEMILIHAN MEDIA BIOFILTER UNTUKPENGOLAHAN AIR LIMBAH, kriteria desain pengolahan biofilter aerob media sarang tawon


Item Parameter Spesifikasi
Material Corrugated PVC Sheet
Tebal Material Varian : 0.2 mm, 0.4 mm / Custom
Warna Putih Bening / Custom
Luas Permukaan Media Type Standard : 150-155 m2/m3
Type Advanced: 220-225 m2/m3
Set-up Ukuran Modul Lihat Tabel Ukuran Modul


Ukuran Media Sarang Tawon

Media Sarang Tawon, merupakan media yang memiliki struktur tetap yang modulnya berbentuk persegi panjang atau kubus dengan ukuran tertentu. Hal ini sangat berkaitan dengan perancangan luasan atau volume bed media / unggun media dengan tingkat keterisian oleh modul media sarang tawon.

Sebagai contoh pengisian unggun media bioreaktor:
a. Jika sebuah reaktor dirancang memiliki volume 2,5 m3 dan memiliki unggun media sebesar 1 m3.
b. Jika unggun media sebesar 1 m3 tersebut berukuran Panjang 1m, Lebar 1m, Tinggi 1m.
c. Maka media sarang tawon tidak dapat memenuhi volume tersebut karena keterbatasan dalam teknis produksi.
d. Unggun media dapat diisi dengan modul berukuran :
1. Panjang 100cm x Lebar 50cm x Tinggi 60cm, sebanyak 2 unit (0.6 m3)
2. Panjang 100cm x Lebar 50cm x Tinggi 30cm, sebanyak 2 unit (0.3 m3)
3. Total volume media adalah 0.9 m3.
Oleh karena hal tersebut, maka sangat penting untuk diperhatikan dalam teknis tersebut dan juga karena ukuran yang variatif maka harga setiap dimensi juga sangat berbeda.

Dibawah ini adalah tabel yang kami sajikan untuk pemilihan ukuran media yang dapat dipilih untuk diaplikasikan pada reaktor biofilter IPAL.

Varian Dimensi atau Ukuran Modul Media Bio Filter Sarang Tawon 


Varian Dimensi atau Ukuran Modul Media Bio Filter Sarang Tawon 


No. Ukuran Modul ( cm )
(Panjang x Lebar x Tinggi)
Volume ( m3 )
Per Unit Modul
1 120 x 60 x 60 0.432 m3
2 120 x 50 x 60 0.360 m3
3 120 x 40 x 60 0.288 m3
4 120 x 30 x 30 0.108 m3
5 100 x 60 x 60 0.360 m3
6 100 x 50 x 60 0.300 m3
7 100 x 40 x 60 0.240 m3
8 100 x 30 x 30 0.09 m3
9 60 x 60 x 60 0.216 m3
10 60 x 60 x 30 0.108 m3
11 60 x 50 x 30 0.09 m3
12 50 x 50 x 60 0.150 m3
13 30 x 30 x 30 0.027 m3
14 Custom Kirim Data Gambar
Tangki / Reaktor


Kalkulator Menghitung Volume Media Sarang Tawon - IPAL - STP - WWTP :

 

Whatsapp www.mediasarangtawon.com
Click To Chat Whatsapp

Ikuti social media kami untuk selalu mendapatkan update dan peluang yang menguntungkan

Facebook www.mediasarangtawon.com Twiiter www.mediasarangtawon.com Instagram www.mediasarangtawon.com Youtube www.mediasarangtawon.com Tiktok www.mediasarangtawon.com LinkedIn www.mediasarangtawon.com

Email ini tidak dapat menerima balasan. Email ini dikirim karena Anda terdaftar untuk menerima tips, berita, dan rekomendasi yang dipersonalisasi. Jika Anda tidak ingin menerima Tips & Info Terbaru di masa mendatang, harap berhenti berlangganan.