Apakah Media Biofilm Sarang Tawon itu?

Media Biofilm Sarang Tawon adalah perangkat penting dalam teknologi pengolahan air limbah secara biologis biakan terlekat. Media ini terdiri dari modul-media PVC dengan ukuran  modul tertentu dan spesifikasi luas permukaan yang bervariatif yang telah ditentukan.


Proses biologis dengan biakan melekat melibatkan pertumbuhan mikroorganisme pada permukaan media. Proses ini dikenal sebagai proses film mikrobiologis atau proses biofilm. Biofilm berperan dalam menurunkan kandungan organik (BOD / COD) dan Nitrogen dalam air limbah yang pada akhirnya agar dapat memenuhi standar baku mutu yang ditetapkan oleh Pemerintah.


Selain itu, penggunaan Media Biofilm Sarang Tawon dengan sistem proses yang tepat dapat meningkatkan populasi bakteri (MLSS = Mixed Liquor Suspended Solid) dalam tangki aerasi (reaktor aerobik). Hal ini bermanfaat dalam menurunkan kandungan BOD, COD, menstabilkan pH, dan menurunkan Ammonia dalam air buangan di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL; STP - WWTP).


Teknologi Pengolahan Air Limbah apa yang menggunakan Media Sarang Tawon? 

Media Biofilm Sarang Tawon cocok untuk diaplikasikan pada berbagai sistem yang diaplikasikan untuk IPAL Komunal yang memiliki karakteristik air limbah yang bervariatif (tergantung kebiasaan masyarakat). Beberapa teknologi proses yang digunakan diantaranya:

  • ABF ( Aerobic Biological Filter )
  • FBBR ( Fixed Bed Biological Reactor )
  •  TF ( Trickling Filter )
  • Anaerobic - Aerobic Biological Filter
  • dan teknologi biakan terlekat lainnya.

 

Media Biofilm Sarang Tawon cocok digunakan untuk IPAL Rumah Sakit, Klinik, dan Puskesmas (Fasyankes). Air limbah dapat terkontaminasi oleh obat-obatan dan berasal dari berbagai sumber, seperti toilet, urinoir di ruang perawatan, ruang pemulasaran jenazah, ruang laboratorium (misalnya air pencucian alat bedah, air bekas pencucian darah), dapur instalasi gizi, dan laundry.


Namun, limbah padat seperti jarum suntik, botol ampul, infus, masker, kain kasa, dan sejenisnya tidak boleh dimasukkan ke dalam Instalasi Pengolahan Air Limbah. Hal yang sama berlaku untuk limbah yang terpapar bahan radioaktif.


Artikel terkait IPAL Fasyankes, baca di sini : IPAL Rumah Sakit


Selain itu, Media Biofilm Sarang Tawon juga sangat cocok digunakan dalam IPAL Industri (WWTP - Wastewater Treatment Plant), terutama pada industri dengan karakteristik beban organik (COD/BOD) yang tinggi.


Apa Keuntungan Menggunakan Media Biofilm Sarang Tawon:

  1. Media biofilm sarang tawon mempunyai luas permukaan per volume dan titik distribusi sangat tinggi sehingga performa proses pengolahan air limbah menjadi tinggi. 
  2. Setiap module dibentuk dari lembaran PVC bergelombang dengan kemiringan 60 derajat yang direkat secara bersilangan. 
  3. Konfigurasi demikian mendistribusikan air dan udara secara merata sehingga meningkatkan efektifitas kontak udara dan air Aplikasi Bio reaktor, trickling filter, nitrification tower. 
  4. Sangat ideal menggantikan media batu, kayu. pengantian tersebut meningkatkan waktu retensi kontak antara air limbah dengan biomass. 
  5. Sangat baik untuk sistem anaerob dan aerob.


Spesifikasi Media Biofilm Sarang Tawon

Dalam perencanaan dan desain instalasi pengolahan air limbah, sangat penting untuk memperhatikan aspek teknis suatu peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan pada IPAL karena hal ini akan berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi dari IPAL tersebut. Analoginya, satu sendal tidak bisa sesuai dengan kaki yang berbeda-beda. Begitu juga Media Sarang Tawon dan IPAL. 


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media sarang tawon secara teknis adalah :

  1. Material & Ketebalan Material. Hal ini berkaitan dengan durability/ketahanan material terhadap karakteristik air limbah.
  2. Luas Permukaan Media. Hal ini berkaitan dengan desain loading suatu reaktor biologis yang ditentukan oleh para insinyur dalam perancangan Sistem Proses IPAL.
  3. Ukuran Modul Media & Bobot : Berkaitan dengan kekuatan struktur dan luasan reaktor yang akan diisi oleh media. Media Biofilm Sarang Tawon adalah type media yang memiliki bentuk tetap berupa balok persegi panjang ataupun kubus, sehingga tidak dapat fleksibel mengikuti bentuk reaktor seperti selayaknya air yang dapat mengisi volume reaktor secara utuh.
  4. Media Biofilm Sarang Tawon terbuat dari bahan PVC yang rigid yang memiliki ketahanan terhadap asam dan basa yang biasa terdapat pada air limbah. Lembaran-lembaran PVC disusun secara bersilangan agar distribusi air dan udara dapat merata sehingga meningkatkan waktu kontak antara air dan biomassa. 

Tabel Spesifikasi teknis dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Harga Biofilter Media Pengolahan Air Limbah murah, kompetitif, dan berkualitas baik
Konten telah di taken out, silahkan hubungi admin



Ukuran Media Biofilm Sarang Tawon

Media Biofilm Sarang Tawon, merupakan media yang memiliki struktur tetap yang modulnya berbentuk persegi panjang atau kubus dengan ukuran tertentu. Hal ini sangat berkaitan dengan perancangan luasan atau volume bed media / unggun media dengan tingkat keter-isian oleh modul media sarang tawon.


Sebagai contoh pengisian unggun media bio-reaktor:

  1. Jika sebuah reaktor dirancang memiliki volume 2,5 m3 dan memiliki unggun media sebesar 1 m3.
  2. Jika unggun media sebesar 1 m3 tersebut berukuran Panjang 1m, Lebar 1m, Tinggi 1m.
  3. Maka media sarang tawon tidak dapat memenuhi volume tersebut karena keterbatasan dalam teknis produksi.
  4. Unggun media dapat diisi dengan modul berukuran :
    1. Panjang 100cm x Lebar 50cm x Tinggi 60cm, sebanyak 2 unit (0.6 m3)
    2. Panjang 100cm x Lebar 50cm x Tinggi 30cm, sebanyak 2 unit (0.3 m3)
    3. Total volume media adalah 0.9 m3.

Oleh karena hal tersebut, maka sangat penting untuk diperhatikan dalam teknis tersebut dan juga karena ukuran yang variatif maka harga setiap dimensi juga sangat berbeda.

Di bawah ini adalah tabel yang kami sajikan untuk pemilihan ukuran media yang dapat dipilih untuk diaplikasikan pada reaktor biofilter IPAL.


Varian Dimensi atau Ukuran Modul Media Biofim Sarang Tawon 

Varian Dimensi atau Ukuran Modul Media Biofilm Sarang Tawon 

Konten telah di taken out, silahkan hubungi admin



Mari bersama-sama kita tingkatkan kepedulian kita terhadap air limbah agar tidak menjadi ancaman serius bagi kesehatan lingkungan dan manusia. Dengan cara mengelola air limbah dengan baik, kita dapat memperbaiki kualitas air dan menjaga kelestarian lingkungan. Dengan solusi pengolahan air limbah yang inovatif dan ramah lingkungan yang menggunakan teknologi yang berdasarkan kaidah engineering untuk memastikan air limbah terbebas dari zat berbahaya dan juga sekaligus dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan. 

Percayakan pengadaan peralatan / equipment IPAL STP WWTP Anda kepada kami dan bersama kita jaga kelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. Hubungi kami sekarang dengan menyentuh dan ketuk logo Whatsapp di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.


Whatsapp www.mediasarangtawon.com
Click To Chat Whatsapp

Ikuti social media kami untuk selalu mendapatkan update dan peluang yang menguntungkan

Facebook www.mediasarangtawon.com Twitter www.mediasarangtawon.com Instagram www.mediasarangtawon.com Youtube www.mediasarangtawon.com Tiktok www.mediasarangtawon.com LinkedIn www.mediasarangtawon.com

Disclaimer:
  1. Artikel ini merupakan artikel bebas yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara akademis/praktis dan bersifat umum. Silahkan hubungi Konsultan Engineering Profesional untuk mendapatkan pendampingan teknis ataupun pelatihan teknis tentang Air Limbah.
  2. Komersialisasi MST hanya tertuang secara tertulis dalam dokumen jual-beli B2B yang dikirimkan melalui email dan pertanggung jawaban dari pihak MST tertuang secara tertulis dalam dokumen perjanjian/kontrak yang disepakati bersama oleh masing-masing pihak yang berkepentingan secara langsung dan  bersifat pribadi dan rahasia sebagai bagian dari standar etik suatu perusahaan.
  3. Untuk mempermudah anda, permintaan informasi dapat dikirimkan melalui halaman kontak Hubungi Kami