Selasa, 23 May 2017 10:47 WIB 83 Ribu Kepala Keluarga di Brebes Belum Memiliki Jamban

Pembangunan jamban di Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi 
 
Metrotvnews.com, Brebes: Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), baru 68,54 persen atau 181.459 kepala keluarga di Brebes yang memiliki jamban. Sisanya, lebih dari 83 ribu kepala keluarga belum memiliki jamban untuk buang air besar (BAB).

"Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Brebes adalah desa termiskin di Jawa Tengah. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai buruh petik bawang dan nelayan. Di desa ini, sekitar dua ribu kepala keluarga belum memiliki jamban," kata Bahrul Ulum, pemerhati lingkungan sekaligus perwakilan Unicef di Brebes, Jawa Tengah, Selasa 23 Mei 2017.
Menurut Ulum, tidak hanya warga kurang mampu saja yang belum memiliki jamban. Banyak juga keluarga mampu yang enggan membangun jamban di rumahnya.

Ulum mengatakan, diperlukan kesadaran masyarakat dan perhatian semua pihak agar setiap rumah tangga memiliki jamban. Namun, hanya warga kurang mampu saja yang berhak menerima bantuan pembangunan jamban.

Anggota DPR asal Brebes Agung Widyantoro mengatakan, warga yang belum memiliki jamban di rumah biasanya BAB di sembarang tempat. Selain di sungai atau aliran irigasi, tidak sedikit warga BAB di pekarangan rumah.

"Kondisi ini jelas sangat rawan terjadinya penyebaran penyakit," tutur Agung.

Menyikapai hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyiapkan program bantuan pembuatan 1.500 jamban. Sementara, bantuan dari Gubernur sebanyak 300 unit jamban.

"Kebutuhan jamban bagi masyarakat Brebes memang sangat besar dan tidak bisa dipenuhi dalam waktu singkat," ujar Kasi Promkes Pemberdayaan dan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Brebes Muhtar.

Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, prosentase cakupan jamban di Kabupaten Brebes hingga Mei 2017 mencapai 68.35 persen (391.861 kepala keluarga) dari total 573.330 total kepala keluarga. Sementara, yang belum punya jamban ada 31.65 persen (181.469 kepala keluarga).


(NIN)

Sumber Artikel :
83 Ribu Kepala Keluarga di Brebes Belum Memiliki Jamban

Jangan biarkan air limbah menjadi ancaman serius bagi kesehatan lingkungan dan manusia. Dengan perangkat peralatan instalasi pengolahan air limbah yang berkualitas, kita dapat memperbaiki kualitas air dan menjaga kelestarian lingkungan. Dengan solusi teknologi pengolahan air limbah yang inovatif dan ramah lingkungan yang berdasarkan kaidah engineering untuk memastikan air limbah terbebas dari zat berbahaya dan juga dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan. Percayakan pengadaan peralatan / equipment IPAL STP WWTP Anda kepada kami dan bersama kita jaga kelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.



Whatsapp www.mediasarangtawon.com
Click To Chat Whatsapp

Ikuti social media kami untuk selalu mendapatkan update dan peluang yang menguntungkan

Facebook www.mediasarangtawon.com Twitter www.mediasarangtawon.com Instagram www.mediasarangtawon.com Youtube www.mediasarangtawon.com Tiktok www.mediasarangtawon.com LinkedIn www.mediasarangtawon.com

Disclaimer:
  1. Artikel ini merupakan artikel bebas yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara akademis/praktis dan bersifat umum. Silahkan hubungi Konsultan Engineering Profesional untuk mendapatkan pendampingan teknis ataupun pelatihan teknis tentang Air Limbah.
  2. Komersialisasi MST hanya tertuang secara tertulis dalam dokumen jual-beli B2B yang dikirimkan melalui email dan pertanggung jawaban dari pihak MST tertuang secara tertulis dalam dokumen perjanjian/kontrak yang disepakati bersama oleh masing-masing pihak yang berkepentingan secara langsung dan  bersifat pribadi dan rahasia sebagai bagian dari standar etik suatu perusahaan.
  3. Untuk mempermudah anda, permintaan informasi dapat dikirimkan melalui halaman kontak Hubungi Kami